SlideShow

foto
0

Mountaineering

     Mountaineering mempunyai macam-macam jenis, mulai mndaki gunung (mountain hiking), memanjat tebing (rock climbing), juga memanjat es atau lebih dikenal "ice climbing atau snow climbing".

     Berita duka datang silih berganti. Banyak rekan-rekan pendaki mengalami musibah maut dalam kegiatan alam bebas ini. Orang mungkin bisa saja mengatakan itu adalah 'takdir'. Ya, itu memang sudah kehendak Yang Maha Kuasa, tapi manusia juga ikut menentukan takdirnya sendiri. Adakah yang salah?

     Bila kita perhatikan gejala para pendaki lokal (memang tidak semuanya), mereka melakkan pendakian lebih banyak mengandalkan tenaga dan keberanian atau bisa dibilang "nekat". Padahal dalam melakukan banyak sekali hal yang harus kita perhatikan.

     Itulah mengapa ada yang menamakan Manajemen Perjalanan/Pendakian. Segala sesuatu harus diatur dan di persiapkan secara jelas dan rinci, walaupun kita hanya melakukan pendakian biasa bukan sebuah expedisi. Namun Manajemen Perjalanan harus tetap diterapkan. Bahkan hal-hal kecil pun harus kita pikirkan.

     Bila saja para pendaki memahami dasar-dasar manajemen perjalanan, maka akan semakin meminimalkan resiko ataupun musibah serta korban dalam kegiatan alam bebas ini. Kebanyakan korban yang jatuh akibat bahaya subjektif (dari diri sendiri). Ini disebabkan kurangnya pemahaman tentang Manajemen Perjalanan dan teknik hidup di alam bebas.

     Dan satu hal yang juga penting adalah menjaga akhlak kita, bagaimana kita bersikap terhadap alam, terhadap lingkungan sekitar kita, karena kadang faktor 'X' pun bisa menjadi sebabnya.



confuse

0 komentar:

Posting Komentar